LIVE STREAMING

Troubleshoot KORG PA50


TROUBLESHOOT KORG PA50

Bagi para pengguna Keyboard KORG PA-50 pasti pernah mengalami yang namanya error pada kinerja system keyboard anda. Ada yang sampai pada tahab "parah" atau mungkin sedang2 aja. Tapi yang namanya program error meskipun bisa dikatakan hal yang lumrah tetap saja mengganggu aktivitas kerja kita.Bisa jadi gara2 sering error akhirnya custumer kecewa, yah klo cuma sebatas kecewa......tapi klo honor kalian di pangkas sekian persen kan bisa berabe, , malah lebih parah lagi klo ampe kagak di bayar !!?? mampuz  dah..........!!!! Langsung aja kita meluncur ke TKP yuk.............!!?


Pernahkah Keyboard PA-50 Anda error seperti di bawah ini :
  1. LCD  nyalanya  Redup dan Output  pecah
  2. Layar  LCD nge-Blank  muncul  garis-garisLayar 
  3. Pitch Bend  gak normal
  4. Tombol-tombol Switch gak normal waktu di klix
Solusi untuk mengatasi hal-hal di atas adalah sbb:

01. LAYAR  LCD   REDUP  dan OUTPUT PECAH

Pastikan tegangan yang Anda gunakan adalah menggunakan sumber daya listrik yang memadai jangan cuma asal2'an Brow.........bisa ancur tuh keyboard...hehe
Disini dianjurkan hrs memakai tegangan yang sesuai dgn kebutuhan keyboard Anda yang tentunya Anda sendiri tahu kan? Usahakan memakai daya Listrik dari PLN karena komponen dari keyboard hanya bisa bekerja dgn maksimal bila mendapatkan asupan listrik yang sesuai. Gunakan STABILIZER bila perlu.
Lalu bagaimana jika terpaksa tdk bisa menggunakan listrik dari PLN?
Misalnya aja pakai Diesel......., wadoww....repot kan?
Hal ini juga sering saya alami saat di situasi yg sangat2 terpaksa, sebaiknya pastikan dulu kondisi diesel nya sebab bisa saja dieselnya tdk waras alias gila...hahahaha....mksdnya udah gak beres gtu lhoh...., jika Anda udah benar2 yakin dieselnya oke, Anda tinggal colok aja.Tapi INGAT !! Harus pakai STABILIZER  , boz.........

Mari kita cari penyakit yg laenya..

Jika langkah2 diatas udah Anda jalankan dgn benar tapi hasilnya masih nihil,tiba saatnya Anda hrs menggunakan Jurus yang ke-2 yaitu  "BONGKAR KEYBOARD ANDA".

Persiapkan peralatan untuk nge'BONGKAR ' keyboard sprti :obeng, palu, tang dll...hwehehe
Jika keyboard Anda sudah anda bongkar, coba perhatikan dgn cermat gambar di bawah ini :
Socket Pa 50

Bagaimana brow?  Udah nemuin soket kabel lempengan seperti yang tertera pada gambar blon ?? Udahkan ?? Nah , yang harus Anda lakukan sekarang adalah periksa kondisi kabel tersebut. Cek masing2 dari ke-2 soket kabel tersebut.Jika renggang coba Anda rekatkan semaksimal mungkin, lalu kembali nyalakan keyboard dan coba lihat tampilan pada layar LCD keyboard Anda. Udah kembali normal kan?
Belom Boz............gmn nih.??????? 

Jika nyalanya blom normal mungkin tadi Anda baru menge-Cek soket kabel yang dekat Tuts doang,maka coba Anda cek juga soket ujung yang satunya yang posisi letaknya dekat Hardisk. Cukup Anda tekan2 aja kabelnya biar posisinya bisa rekat dgn benar pada soketnya karena letak ujung kabel/soket yang ini agak rumit terselip diantara tumpukan Hardware keyboard.
Tips ini saya posting berdasarkan pengalaman pribadi saya.
Smoga bisa membantu rekan2 smua yg mungkin mengalami hal serupa seperti yang saya alami.
Skali lagi coba Anda cek juga di antara tumpukan Hardware tadi ada kaki2 dari komponen yang konsleting apa tidak.

02. LAYAR LCD  nge'blank MUNCUL GARIS-GARIS
Display Pa 50

Pernahkah Layar LCD  KORG PA50 punya Anda nge-blank muncul garis-garis?
Biasanya hal seperti ini terjadi pada saat Anda hendak melakukan SAVE data Style pada posisi RECORD Style ataupun COPY ELEMEN VARIASI/CHORD VARIASI.
Mari kita cermati dengan seksama ....

Dalam membuat Style sebaiknya Anda jangan memporsir satu VARIASI, misalnya Anda membuat Style pada ELEMEN VARIASI 1 komplit beserta 6 CHORD VARIASI  yang ada di ELEMEN VARIASI PERTAMA.
Apalagi Anda memakai jumlah Bar yang panjang misalnya 32 bar.

Lebih parah lagi Anda memakai Birama 8/16 , 16/16 , atau 32/32, tentu data yang terRecord pada Style Anda sangat besar sekali.
Hal inilah yang biasanya menyebabkan Layar LCD Anda nge'blank di saat Anda mau me-SAVE data Style.

Untuk itu sekedar berjaga-jaga lakukan SAVE data sesering mungkin untuk menghindari hilangnya data Style yang Anda bikin dgn susah payah, misalnya dapat satu Track langsung SAVE aja.

Hindarilah hal2 di atas untuk menghindari timbulnya error pada LCD keyboard Anda.

03. PITCH   BEND  GAK NORMAL ?

Handle PITCH BEND / MODULATION sangat rentan akan terjadinya error, karena posisinya yg selalu bergeser/bergerak disaat kita menggunakanya. Dampaknya ya itu tadi.......pasti sering putus, apalagi bagi mereka yang suka mainin Pitch Bend tanpa kontrol............
Tapi gak jadi soal  memang Pitch Bend  kegunaannya seperti itu..hehe...
Jika terjadi error , mudah saja....bongkar PA-50 Anda lalu periksa kabel Pitch Bend nya.
Bila putus  lakukan penyambungan/solder di tempat dudukan semula.
INGAT !!!  Jangan sampai terbalik.....
04. TOMBOL2  SWITCH  PROGRAM GAK BISA DI KLIX
Kadang tombol2 Switch pada Korg PA-50 sering terjadi error, gak bisa di Klix....
Mungkin karena kotoran debu atau bisa jadi karena lembab.Jika Anda mengalami hal seperti ini  gak usah bingung,cukup siapkan kocek gak usah banyak2....brow, paling gak sampai 10 rb aja buat beli Switch di toko electronic yang dulu Q pernah beli per biji harganya skitar 500 perak - 1500 perak.
Tapi jangan lupa, bawa Switch yang aslinya biar nanti gak keliru belinya coz kepala Switch macem2 ukuranya, ada yang hampir rata dgn permukaan,nonjol, bahkan ada yang puanjang...Switch2 pada KORG PA-50 biasanya berkaki 3.
Jadi caranya ,lepas switch yg lama, lalu ganti dgn yang baru....,gitu aja brow...!!!
Selagi bisa di atasi sndiri jangan buru2 ke benkel, biasanya bengkel amatir sok meng'ada-ada yg tujuanya ingin merogoh kocek kite-kite..........
Masak cuma kerusakan kecil aja kita harus bayar mahal? OUUW...TIDAK BISA !!?

Komentar

  1. saya mau nanya, saya punya keyboard korg pa50sd,keluhannya jika digunakan setelah setengah jam voice dan stylenya keluar semua dan acak-acakan suaranya, kira2 penyebabnya apa ya? terima kasih

    BalasHapus
  2. Danova>>>>sama ki mas bro dengan keluhan anda..ni baru 5menit smua suara keluar semua... sudah saya coba di os,restore data original,program,dk, tetep saja gitu...saya curiga hardwarenya tapi apanya ya.... bagi yang punya solusi mohon balas komentar saya...

    BalasHapus

Posting Komentar

Jika anda mempunyai pendapat, kritik ataupun saran tentang posting ini, silahkan anda ungkapkan disini, dan mohon maaf bila saya agak terlambat menjawabnya, dikarenakan saya tidak bisa online tiap hari ........ Salam Blogger !!!

Postingan Populer