LIVE STREAMING

[SBBD™] Peralatan dan Tehnik Dasar Bermain DeeJay

Peralatan  paling  pokok  yang  diperlukan  untuk  seorang  DJ  untuk  menjalankan  aksinya  terdiri  dari:
  1. Rekaman  suara  dalam    berbagai    medium   diantaranya    (piringan hitam, CD, file MP3, MP4,WMA dsb). Paling tidak mempunyai dua macam peralatan biasa juga disebut Turn Tables untuk memutar kembali (playback), rekaman-rekaman suara tersebut dan untuk tujuan memilih memainkan kembali rekaman secara maju mundur (seperti record players,compact disc players, mp3 players).
  2. Sebuah sistem tata suara (Sound System) untuk menguatkan dan memperbesar volume suara (portable audio system), Juga peralatan penunjang lain seperti sebuah pencampur (mixer dj) yang digunakan untuk menyelaraskan dua atau lebih peralatan playback lainnya. sebuah microphone yang digunakan untuk menguatkan suara manusia, dan headphone yang digunakan untuk mendengarkan rekaman sambil memutarkan player yang lain, tanpa kehilangan kontrol suara yang didengarkan pendengarnya, adalah sangat diperlukan. Macam-macam peralatan juga dapat ditambahkan termasuk samplers, drummachines, effects processors, slipmats, dan Computerized Performance Systems.
TEKNIK- TEKNIK DALAM DJ
Ada berbagai macam teknik yang dapat diterapkan oleh seorang DJ untuk memanipulasi musik yang telah direkam sebelumnya. Disini termasuk mencampur suara (audio mixing), cueing , slip-cueing, phrasing, memotong musik (cutting), beat juggling, menggesek (scratching), menyamakan ketukan (beat matching) , menjatuhkan jarum (needle drop) , menggeser fasa (phase shifting) , dan masih banyak lagi.


ISTILAH- ISTILAH DALAM DJ
Berikut ini adalah beberapa istilah yang biasa digunakan dalam dunia DJ, yaitu :

  • BPM [Beat Per Minute]

Beat Per Minute adalah kecepatan pada sebuah lagu dengan cara menghitung jumlah Beat / Clap dalam satu menit, biasanya ditandai dengan angka seperti 130 BPM dan seterusnya, masing-masing lagu memiliki BPM yang berbeda-beda, contohnya Electro House rata-rata 129 BPM - 133 BPM, Trance 138 BPM - 145 BPM. BPM bisa dihitung manual atau dengan BPM Counter, tapi di jaman yang makin modern ini BPM bisa kita lihat di MIXER (PioneerDJM-600), Bahkan di CDJ (PioneerCDJ-800/1000/1000MK2).


  • Pitch Control

Slider (biasanya vertikal) yang (mengatur tempo musik -> SPEEDHUNTING) dan  menyamakan  BPM  kedua  lagu  tersebut  dengan  Pitch Control,  biasanya  kalo  di Turntable Technics itu  -8 0 +8, ini  adalah  bagian  terpenting  yang  ada  di  CDJ/Turntable  karena  ketika  seorang  DJ  sedang melakukan  Mixing maka  Pitch Control ini  memegang  peranan  utama untuk  hasil mixing tersebut, kalo gak  sama BPM nya  bisa  tidak  matching.


  • CrossFader

Slider   (biasanya horisontal)   yang  mengatur   channel  mana   yang  mau “dikeluarin”  suaranya,  CrossFader  juga  digunakan  untuk mengganti Tehnik Volume pada mixing kedua lagu, Cross Fader menjadi amat penting ketika seorang DJ melakukan Scratch, Karena DJ yang melakukan Scratch tidak seutuhnya suara itu diambil dari Vinyl melainkan dipotong potong dengan Cross Fader ini.


  • Loop

Beat / bagian lagu yang sengaja diulang. Loop juga dapat digunakan seorang DJ saat lagu berada pada posisi Floating atau Melodic, juga digunakan saat seorang DJ kehabisan waktu untuk Speed Hunting.

  • Effect

Effect biasanya itu seperti Flanger, Reverb,Echo dan sebagainya. Effect biasanya digunakan untuk memotong sebuah lagu, juga dapat digunakan sebagai penambah environment pada sebuah lagu biasanya saat Floating. Effect bisanya Tersedia di Mixer / CDJ, Pada Virtual DJ seperti Traktor DJ  juga  ada.


  • Teknik Volume

Bagian  kedua  terpenting  bagi  DJ  setelah  mampu   menguasai  Speed  Hunting. Teknik Volume tidak dapat dipelajari hanya beberapa kali, untuk menguasainya  kita  harus sering latihan sehingga menimbulkan kepekaan, Teknik Volume dibagi menjadi 2 yaitu :

  1. [GAIN] di mixer buatan Jepang dan [TRIM] di mixer buatan Amerika dan Eropa. GAIN/TRIM adalah tombol berupa putaran untuk mengatur suara yang keluar ke speaker dari Mixer tersebut, Gunanya adalah supaya suara lagu yang berjalan dengan yang sedang kita Hunting sama (tidak besar sebelah / pincang)
  2. Equalizer biasanya terbagi menjadi 3 contohnya Pioneer dan 4 contohnya Allen & Heat. Kalau di Pioneer ada 3 yaitu : Treble, Mid, dan Bass. Kalau di Allen & Heat ada empat yaitu : Treble ,Mid High , Mid Low , dan Bass. Sebenarnya kegunaannya tidak terlalu berbeda antara yang 3 dan 4, teknik volume adalah cara mengganti kedudukan trebel, mid dan bass pada waktu yang pas dan tidak sembarangan. biasanya di outro pada lagu yang sedang dimainkan dan intro pada lagu yang sedang mau kita masukan untuk menggantikan lagu sebelumnya.



  • INTRO & OUTRO

Biasanya ada yang dapat di mix dan ada yang tidak, lagu yang dapat di mix adalah lagu yang memiliki intro dan outro.
INTRO : adalah awalan sebuah lagu yang hanya memiliki nada BEAT dan CLAP saja dan tidak memiliki suara Vocal atau Melody. biasanya intro memiliki minimal 4 BAR atau lebih.

OUTRO : adalah akhiran sebuah lagu dimana kita dapat melakukan mixing dengan lagu selanjutnya yang memiliki intro, sehingga lagu tersebut tidak putus, biasanya outro itu dimulai setelah Break / Floating terakhir dan biasanya outro memiliki lebih banyak BAR.


  • BAR

BAR adalah hitungan sebuah lagu dalam satu hitungan, Bar selalu diawali dengan Beat. Jadi cara menghitung bar adalah dimulai dengan beat pertama, perhatikan setelah beat ke 8 ada suara tambahan seperti dug dug ces. 1 bar ada 8 beat dan 8 clap dan alangkah baiknya kalau kita hitung beat karena biasanya lagu- lagu sekarang intronya diawali beat.

Copyright © 2014 [SBBD™]

Komentar

Postingan Populer